Archive

Archive for April, 2008

Deteksi on/off komputer

April 15th, 2008 9 comments

Pekerjaan yang sudah lama saya pusingkan, bagaimana saya bisa mendeteksi sebuah komputer itu hidup atau mati (tersambung dalam 1 jaringan). Ternyata scriptnya begitu simpel dan ga dikira kira. Argh!! mikirnya kejauhan sih. Coba deh dilihat scriptnya :

<html><head><title>Poing!</title></head>
<body>
<table><tr>
<?php
$ip = “192.168.18.9″;
$name = gethostbyaddr($ip);
$str = exec(“ping -c 1 $ip”,$a,$a1);
if($a1==0)
{ print “<td bgcolor=’green’>IP: “.$ip.” (“.$name.”) is up</td>”; }
else
{ print “<td bgcolor=’red’>IP: “.$ip.” (“.$name.”) is DOWN</td>”; }
print_r($a);
?>
</tr></table>
</body>
</html>

Jah..!!! cuma begitu doang????!!!
iya…
Jadi script diatas berfungsi untuk memeriksa apakah sebuah komputer(dalam satu jaringan) dalam keadaan hidun atau mati. Maksud hidup disini adalah komputer dapat memberikan jawaban dari perintah PING. Jika komputer itu hidup, maka background color akan berwarna hijau, tetapi jika mati, maka akan berwarna merah.

Semoga membantu :D
thanx to : adit-nyem, om Koes

Categories: How to Tags: , , ,

“RS” vs Hacker vs Blogger

April 4th, 2008 7 comments

huhu… lama ga nyolek internet, ternyata ada berita seru soal bloger dan hacker. Beritanya udah eksis aja, sekali ketik kata kunci di google, ketemu deh. Bisa dilihat disini,mulai dari perdebatan kecil sampe ngajak tawur (berlebihan), ada lagi adu ilmu om Onno dan om Suryo, dan penbantahan2 analisa om RS di sini bahkan sampe akhirnya ada surat tantangan yang sudah sempat terlayang dan ternyata sudah ditanggapi sodara sodara, bisa dilihat di blognya mas riyogarta.

Manthab… luchu juga dibacanya. Seru!!! kira kira gimana yah acara diskusinya, apakah sehabis acara itu masih ada buntut buntut yang lain.. hihi.. ditunggu aja deh :)

Categories: Splash Tags: ,
FireStats icon Powered by FireStats