Valentine…!!

Du uh.. nihari kan kata orng banyak valentine nih.. apa seh sebenrnya itu??Valentine, atau yang juga populer sebagai hari kasih sayang membuat sekeliling Anda penuh dengan nuansa bunga, warna merah dan pink serta ornamen-ornamen hati. Kartu Valentine pun muncul khas dengan nuansa warna senada, merah atau pink serta penuh dengan corak gambar hati. yang tau dari dulu cuma ikut2 aja.. katanya sih hari kasih sayang..(padahal kan kasih itu ga cuma cukup untuk satu hari itu aja..) nah kamu sendiri tau gag sejarah tu hari kayak apa??nah kalo gitu check aja disini…

Sebuah versi bercerita bahwa dahulu, seorang pemimpin agama Katolik bernama Valentine, bersama rekannya Santo Marius secara diam-diam menentang pemerintahan Kaisar Claudius II yang waktu itu sedang berkuasa. Kaisar tersebut menganggap bahwa seorang pemuda yang belum berkeluarga akan lebih baik performanya ketika berperang. Hal ini membuatnya melarang para pemuda untuk menikah demi menciptakan prajurit perang yang potensial.

Valentine yang tidak setuju dengan peraturan tersebut, diam-diam tetap menikahkan setiap pasangan muda yang berniat untuk mengikat janji dalam sebuah perkawinan. Walaupun dilakukannya secara diam-diam, tetapi lambat laun aksi yang dilakukan oleh Valentine akhirnya tercium oleh Claudius II. Valentine kemudian dijatuhi hukuman mati sebagai hukuman menentang Claudius II.

Pandangan Teologis.
Valentine’s Day sebenarnya lahir di kota Roma. Awalnya, ketika musim tanam tiba, diadakan perayaan untuk mengungkapkan ucapan syukur kepada Sang Pencipta. Secara budaya – komunitas masyarakat yang agraris itulah yang memulai hingga akhirnya kebiasaan tersebut menjadi awal dari ide di gelarnya festival. Ternyata perayaan tersebut, memperoleh sambutan yang cukup luas.
Secara historis di Zaman Roma Kuno, hubungan antara pria dan wanita sangat dibatasi dan sulit untuk bertemu. Pada kesempatan acara festival itulah, kaum pria dan wanita memiliki peluang untuk bertemu dan saling mengenal satu dengan lainnya. Salah satu permainan yang menjadi idola yaitu memilih pasangan yang tidak diduga sebelumnya dengan cara diundi. Kalau kita bayangkan hampir sama dengan permainan petak umpet yang sulit kita duga sebelumnya. Tetapi itulah hal yang menarik, karena pasangan yang tak terduga dapat saja terjadi. Dari pasangan itulah, mereka berdua dapat mengekspresikan cinta sesaat dengan bahasa bunga.

Di kalangan bangsawan Eropa hari Valentine menjadi hal yang rutin dirayakan lewat pesta-pesta dan pemberian hadiah yang sifatnya pribadi. Penyair Inggris yang sangat terkenalpun Geoffrey Chaucher ikut simpati untuk menyatakan valentine sebagai hari cinta yang sejati yang dilambangkan sebagai burung merpati.
Di akhir abad 19, kartu Valentine dan bunga diproduksi secara massal dan menjadi simbol hari Kasih Sayang. Hingga sekarang, perkembangan itu semakin meluas dan tidak dapat dibendung oleh waktu dan perjalanan zaman.
Di tanah air, perayaan Valentine’s Day mengundang banyak keraguan di kalangan masyarakat. Keraguan itu dikarenakan Valentine datangnya dari negara asing. Sementara, perkembangan tehnologi melesat begitu jauh dan meluncur ke depan bagaikan anak panah yang lepas dari busurnya.. Sedangkan batasan tembok transformasi budaya sangat tipis dan bahkan tidak lagi ada sekat-sekat pemisah.
Melalui saluran jarak jauh yang tidak lagi dihubungkan dengan kabel, membuat kehidupan manusia berubah sangat drastis. Dan kesadaran itu lahir, karena pada dasarnya manusia terus berkembang.. Melalui bahasa cinta, barangkali Valentine sebagai geliat budaya untuk membuka ajang perdamaian melalui ungkapan Kasih Sayang. Sebab bagaimanapun juga Valentine dalam perkembangannya dapat dijuluki sebagai Saint of Lovers.
Valentine’s Day, eksistensinya makin meluas. Bukan hanya melanda pada jiwa dan kebutuhan kawula muda, tetapi sudah merasuk pada sisi kehidupan secara massal. Terbukti, nilai kasih sayang itu tidak hanya tercipta dan untuk memperingati hari-hari istimewa saja. Melainkan, kasih sayang menjadi suatu dinamika dari kehidupan manusia yang sejak dulu hingga sekarang terus berkembang.

sumber: dari macem2 artikel.. pokonya digabuing2in..:P

Nah.. sekarang menurut amu gimana..

Pribadi sih..Kasih sayang sih gag harus Diberi hari ini..ya kan:P

special request:

Love u all…Specialy for u:*